Kamis, 01 Desember 2011

Mau suami lokal atau..???

Selamat pagi....
Seorang sahabat menulis di Facebooknya tentang acara dari Mario Teguh, entah apa yang dibahas oleh bapak Mario Teguh, tetapi sahabat saya berkata, "kenapa jarang sekali yah suami2 kaya gitu di Indonesia, kalo orang barat sih banyak yah, tapi kalo orang timur ???? apa salah didik orang tua yah ?".
Nah loh..ada apa dengan suami-suami di Indonesia ?

Masih banyak perempuan-perempuan Indonesia berpikir, jika menikah dengan laki-laki barat pasti akan bahagia lahir batin. Sama seperti laki-laki Indonesia, banyak juga laki-laki barat yang tidak bertanggung jawab, toh mereka juga manusia. Ada komentar yang mengatakan, bahwa dilamar oleh laki-laki barat, tetapi nantinya siistri yang bekerja diluar rumah dan suami menjadi bapak rumah tangga. Buat kita, orang Indonesia itu aneh...lebih pantas kalau suami yang banting tulang kerja keras diluar rumah, dan istri menjadi ibu rumah tangga, mengurus rumah dan pernak perniknya. Itu kultur di Indonesia. Di Belanda, suami yang menjadi bapak rumah tangga bukan hal yang aneh. Disini suami dan istri bisa berbagi tugas secara adil. Melihat laki-laki mendorong-dorong kereta bayi, cekatan mengganti popok bayi/anak mereka, mahir masak di dapur, menyetrika..hal-hal yang buat orang Indonesia biasanya hanya ada ditangan para istri..disini tidak tuh...Disini tidak perlu malu jika suami membantu istri cuci piring, menjaga anak sambil jalan-jalan dipusat kota..yah dorong-dorong kereta bayi atau buggy (untuk anak yang bukan bayi lagi, apa sih namanya ??) tanpa istri disamping mereka...itu bukan hal yang aneh. Disini malah aneh kalau punya baby sitter, hanya orang-orang kaya yang sanggup membayar baby sitter..punya pembantu ??? Ada juga, tetapi pembantu tidak bekerja 24 jam setiap hari loh..jam kerja mereka seperti pegawai biasa, sore kembali kerumah..gaji ? Jangan ditanya deh...cukup menunjang dan harus sesuai dengan apa yang undang-undang tenaga kerja. Tidak seperti di Indonesia, baby sitter yang tugasnya seharusnya hanya mengurus baby atau anak balita..hmm mereka bekerja juga seperti pembantu rumah tangga...24 jam, tidak ada hari libur, dan gaji ??? Suka-suka simajikan. Kerja pembantu rumah tangga sampai kapanpun tidak akan mebuat hidup mereka lebih baik, lah digajinya cuman segitu, dengan jam kerja yang edan-edanan..
Disini gaji pembantu dihitung perjam...ada cerita seorang teman yang kenalannya menggaji seorang baby sitter hanya untuk 5 hari kerja...gaji yang dibayar 500 euro/bulan..itu masih kecil, ada yang dibayar lebih besar lagi.

Oke kembali kebahasan semula. Suami-suami...
Banyak juga suami-suami disini yang aneh-aneh, seperti selingkuh...weits sama aja koq. Semua itu tergantung pada pribadi masing-masing, tidak tergantung pada warna kulit, mata, negara...sama koq. Banyak juga suami-suami Indonesia yang bertanggung jawab, yang tidak harus siistri menyediakan teh/kopi saat dia bangun tidur..mereka bisa mengerjakan sendiri, mereka menghargai peran siistri, mereka mengucapkan terimakasih buat siistri untuk masakan, rumah yang bersih atau apa saja yang dilakukan oleh istri. Banyak juga yang menikah dengan laki-laki barat/kulit putih yang tidak bahagia, menangis bombay setiap hari dan ujung-ujungnya bercerai. Jadi buat yang belum menikah..mau bersuami orang barat/kulit putih atau suami yang sama-sama orang Indonesia ???? Tapi...yang biasa dengan apa-apa dilayani pembantu..siap-siap yah jika menikah dengan laki-laki asing lalu harus meninggalkan Indonesia untuk tinggal dinegara suami..siap-siap tanpa dilayani pembantu. Kalau tidak sanggup..tetap tinggal di Indonesia.
Sekali lagi..itu semua tergantung pada pribadi masing-masing, juga kultur yang berlaku dinegara masing-masing.

Ok..selamat menikmati hari ini. TUHAN BERKATI.

2 komentar:

  1. bener teh , semua manusia sama, walaupun casingnya beda2, jadinya balik lagi ke sifat karakter pribadi masing2. smoga kita masih diberkati dapat pasanganyang baik lahir batin . ^_^ btw aku jg pernah baca saut2annya tntang crita yg ini. hihi

    BalasHapus
  2. Iya yah...temen siakang masih tinggal sama istrinya malah ngegoda temen satu kerjaan..casing ? kulit putih boo...Yg parah yah parah.

    BalasHapus