Sabtu, 03 Desember 2011

Cerita lain kehidupan disini.

Banyak orang qt beranggpan kalo menikah dgn laki-laki kulit putih, apalagi tinggalnya di Eropa, Amerika, Australia..nah bakal kaya raya deh sang perempuan, seperti punya pohon uang..yg tiap hari berbunga dan tiap hari tinggal dipetik kalau mau beli apa-apa.
Duuh nggak lagi...mungkin kalau menikahnya dengan yang kaya raya...hmmm mungkin bakal tidur diatas gelimangan uang (halah hari gini nyimpen duit masih diatas kasur ?).

Ngga juga tuh, yang ada semua kita harus kerjain sendiri..tanpa pembantu. Apalagi punya anak..hmm abis ngelahirin jgn harap deh ada pasukan bantuan dari mertua, sodara ipar atau sodara sendiri yang kebetulan tinggal disini juga...Waaaah mimpi indah kalo begitu. Semua ditangani berdua dong dengan pasangan. Trus berniat bayar baby sitter untuk anak kita ??? Sanggup ??? Gaji baby sitter harus sesuai loh dgn aturan pemerintah, ada hari libur, ngga 24 jam mereka kerja..lah mereka kan bukan budak. Mereka jg punya jatah minimal 5 minggu libur setiap tahun..ada uang libur yang dibayar oleh majikan. Dan baby sitter ngga tinggal sama kita loh..sore hari jam kerja selese yah mereka pulang dong. Mo punya pembantu..cari lewat biro pencari tenaga kerja ? Rentetannya sama juga.
Sanggup membayar ? Gaji mereka diitung perjam, bukan perbulan..gaji pembantu di Ind berapa skrng..ada 1 juta rupiah ??? Kayaknya ngga deh...Mana ada majikan yg mau membayar gaji pembantu segitu..lah digaji 600 ribu rupiah/bulan aja tuh pembantu kerjanya 24 jam..7 hari/minggu..Ngga ada hari libur..ntar liburnya kalo mereka pulang saat hari Lebaran. Itu kan yang terjadi dinegara kita tercinta ?

Nah begitulah..kalo model perempuan2 Ind yang manja, yg apa2 selalu ada pembantu..ogah bener kukunya patah, ogah bener ngosek kamar mandi, maunya bersolek dan kemall....hmm jgn harap betah tinggal diluar Indonesia.

Ada seorang temen di Bandung yang bertanya, apakah saya mengurus anak-suami-rumah..semua tanpa pembantu ??? Iyalah..sapa juga yg sanggup bayar. Lagian disini serasa aneh ada pembantu dalam rumah, serasa aneh kalau jalan-jalan kepusat pertokoan liat baby sitter dengan seragamnya jalan ngikutin anak majikan, sementara sang nyonya asik bertelepun-telepun, ato jalan bak ratu sejagat...Ngga ada kayak begitu. Orang kaya aja..ada sih yang punya pembantu..tp smua ikutin aturan pemerintah, jam kerja yah 8 jam/hari..weekend ? libur dong. Ngga ada tuh pembantu yang tinggal dengan majikan..jadi kalo anak majikan malem2 ngegoak..yah urusan mama papanya dong...ngga bisa tereak, "mbaaaakkkk...liat tuh sikakak dikamarnya". Atau kalo nyonya dan tuan malem-malem laper, ngga bisa tuh nyuruh, "mbak, buatin nasi goreng dong, sekalian yah teh anget buat tuan". Duuuh itu sih jaman batu banget kayaknya. Disini ngga berlaku kayak begitu.

Urusan anak...oke kalo dititip dirumah kakek-neneknya..dgn catatan tidak tiap hari...waah bisa dikutuk jadi malinkundang nih kita. Kalo emang kakek nenek tidak mau menjaga anak kita (jgn sewot yah, lah anak itu kan anak kita, nenek dan kakek anak kita kan punya kegiatan sendiri) titip deh ditempat penitipan anak yang tidak murah itu. Ngga ada ceritanya tiap hari titip anak sama orang tua kita, sama mertua kita atau sama sodara kandung kita yang ngga ada kegiatan. Ngga deh...anak-anak adalah tanggung jawab orangtuanya dong, bukan tanggung jawab nenek kakek, oom tante, bahkan tetangga.

Yang menikah dengan orang asing/kulit putih ngga selamanya pasangan mereka banyak uang..bahkan ada yang sampe susah bawa pasangannya masuk kesini karena gaji sipartner dibawah standar yang ditetapkan pemerintah..lah gimana dong..dah menikah tapi tinggal terpisah..mana jaraknya jauh banget lagi...Yaaah ampe babak belur deh ngurus smua prosedurnya...pendapatan kurang sedikit aja dr yang ditetapkan pemerintah..alamat deh banjir airmata..walo nangis bombay dikedutaan, ijin tinggal bisa ngga akan pernah keluar. Blom lagi ada cerita temen..yang kenalannya harus membayar sendiri biaya asuransi kesehatan yang disini wajib hukumnya..ngga masuk asuransi..akibatnya kena denda. Tuh asuransi ngga murah loh. Gmn dgn suaminya dong, masa ngga mau bayarin suransi istrinya ??? Nah loh...ngga tau gmn ceritanya bisa ampe begitu, ampe tuh istri harus kerja 3 atau 4 tempat sebagai tenaga bersih-bersih.

Ini tulisan bukan buat nakut-nakutin..emang kenyataan seperti itu....Ok gitu aja dulu..mo siapin makan malem dulu yah...Tetapi rata-rata temen-temen yang saya kenal disini, smua bahagia koq dengan pernikahan mereka...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar