Kamis, 08 Desember 2011

Sebuah cerita kembali..

Tahun 2002 gw mengunjungi kakak yang tinggal di Breda-Holland...salah seorang temannya yang sama-sama berasal dari Bandung ingin banget ketemu gw. Dia telfon untuk bikin janji ceritanya nih...duh Gusti, gw kaget bener dan pengen ngakak juga guling-guling dilantai. Ampun deh..dia yang lahir dan tumbuh dewasa di Bandung ternyata logat Sunda-nya ilang byiaar...lalu ngoceh bahasa Indonesianya gimana yah...duuh susah deh ngikutinnya. "Seulamaat shiaang, Rine...apa khabar??" Cinta Laura aja lewat deh.
Duuh koq begini yah...untung minggu depannya gw ngunjungi sepupu gw yang di Middelburg, nginep disana..jadi ngga ketemu dengan itu cewe Bandung.

Dan yang lucunya, tahun 2003 dia mudik nih ke Bandung bersama pacarnya yang putih, tinggi dan ganteng. Pulang kampung dong ceritanya...dari luar negri gitu loh...dan dia mengunjungi juga mami gw, karena ada titipan dari kakak gw. Ampun deh kembali kali ini gw dan adik gw pengen guling-guling dirumput..Dia datang dengan sepatu laars tinggi sampe bawah lutut dan memakai jaket kulit asli yang panjang sampe lutut. Buset deh...Bandung kan dah panas juga...trus ngapain pake sepatu laars dan jaket kulit..apa ngga keringetan tuh badan dan kakinya ?? Kata tetangga gw yang kebetulan liat mereka datang..."halah tuh sepatu dicemplungin keempang, mati deh ikan-ikan". Norak bener..pengen nunjukin dari luar negri sampe nekad pake sepatu dan jaket yang ngga banget dengan iklim di Ind. Trus..gaya ngomongnya ? Masih sama dong...lupa bahasa Sunda..Londo-an mulu. Yaelaaaa..padahal dulu lagi dia masih sekolah, kata kakak gw nyuci baju di kali koq, tiba-tiba bisa lupa dengan logat Sundanya..ogah bener ngomong bahasa Indonesia.

Ternyata orang-orang serti itu banyak loh..gw baca beberapa temen-temen yang tinggal diluar Ind, mereka ketemu dengan orang-orang Ind yang belom lama juga ninggalin Ind...logat daerah bahkan bahasa Indonesia-nya..sudah lupa tuh.
Apa harus begitu ?? Apa karena Indonesia masuk negara berkembang yang tidak semaju negara-negara Eropa, Amerika...trus malu menggunakan bahasa daerah asal di Ind, bahkan malu menggunakan bahasa ibu, bahasa Indonesia.
Apakah mereka hidup dinegara-negara luar Indonesia dengan bergelimang harta, OKB gitu...sampe lupa kalo Indonesia adalah negara tropis, sehingga mereka pake tuh sepatu laars dan jaket kulit yang mahal itu untuk spesial dipake bila ke Indonesia..menunjukkan pada orang di Indonesia bahwa mereka tidak tinggal di Ind, mereka jalan juga dengan bule, bahasa yang mereka pakai juga bukan bahasa Indonesia. Menunjukkan kalau mereka makmur, lebih makmur dari saat mereka tinggal sama orangtua di Indonesia. Padahal mereka kerja disini juga bukan sebagai direktur..sama seperti yang lainnya...bahkan ada yang puluhan tahun tinggal di negara maju, tetapi tetap saja mereka kerja bersih-bersih doang. Bukan masalah apa kerja mereka..tetapi lagaknya itu loh....hoyong najong pisan.

Dan ternyata bukan hanya orang-orang Indonesia yang tinggal diluar Ind yang bertingkah kayak begitu..beberapa teman dari negara-negara yang sama deh ekonominya dengan Ind..mereka juga bertemu dengan orang-orang dari negara yang sama di sini dan bertingkah seperti itu. Iiih memalukan sekali..sementara orang-orang bule yang datang ke Indonesia, kalo dibolehkan mereka hanya pake bikini dan celana pendek jalan-jalan tengah kota...mereka pakai baju sesuai dengan iklim negara tropis..gile aja kudu ngegulung dijaket panjang dan sepatu laars. Pernah ketemu juga cewe Ind di Hongkong, lagi penerbangan menuju Cengkareng..duileee...pake sepatu laars dan jaket bulu. Sampe 2 cewe Belanda yang duduk sejajar diruang tunggu sampe bingung..nah gw yg org Ind..heran juga...kebetulan juga pas di Cengkareng tuh cewe sama-sama baris ditempat kontrol paspor...dan mau tau apa pertanyaan 2 cewe Belanda itu, "apa Jakarta musim dingin saat ini ?". Gileee..padahal diruang kontrol paspor itu puanaaasnya ngelekep deh..tp dengan nyamannya tuh cewe masih nekad pakai sepatu laar dan jaket bulunya.

Apa harus begitu sih kelakuan kita, lupa bahasa Indonesia, lupa bahwa Indonesia itu negara tropis, lupa kalau dulu makan-minum sampe buang hajat di tanah Ind ? Yang ada tetangga, keluarga dan teman-teman kita pas ketemu kita akan mengernyitkan dahi..dan dicap deh kita dengan cap untuk sapi "NORAK, OKB". Duuh jangan lupa deh kalau kita masih tetep orang Indonesia walo rambut kita dah warna warni kayak pelangi.

2 komentar:

  1. sendal jepit naek pangkat ... wakakakakaka. "HOELAAT YOU GO ???"

    BalasHapus
  2. Hahahahhaa....mudah2an ogut ngga ketemu org model begitu lg, sumpah pengen nendang...getok kepalanya pake klompen.

    BalasHapus