Kamis, 17 November 2011

Sekedar bercerita.

Beberapa hari yang lalu baca sebuah artikel diharian terbitan sini. Seorang anggota partai mempermasalahkan beasiswa yang Belanda kasih untuk para mahasiswa asing. Jengkel juga bacanya..dia mengatakan bahawa para mahasiswa asing itu tinggal disini, mengejar ilmu disini, shopping disini, lalu kerabat dan teman-teman mereka mengjenguk disini..Dan seluruh biaya studi dan hidup para mahasiswa asing itu ditanggung dari pajak negara. Nah loh...kenapa merasa menyesal, bukankah kalian sendiri yang menawarkan dan memberi beasiswa untuk para mahasiswa dari berbagai negara untuk studi disini ?
Dia mengatakan juga para mahasiswa itu datang kesini tampa membawa koper yg isinya penuh duit...lah iyalah...mereka mo belajar koq bukan mau pamer kekayaan disini.
Salah satu universitas di Maastricht 40% adalah mahasiswa asing. Banyak bener....salut untuk mahasiswa asing yang mau belajar keras disini.

Ngobrol dengan suami, saya rada mangkel juga...kenapa tuh anggota partai merasa menyesal, kalo saja Belanda tidak buka keran beasiswa untuk mahasiswa asing, tentunya ngga ada dong mahasiswa negara-negara lain yang mengejar ilmu disini. Ini semua kan karena Belanda dengan tangan terbuka menerima mereka, dan ceritanya dengan "berbaik hati" memberi mereka beasiswa. Suami mengatakan, "salah sendiri kenapa generasi muda di Belanda ngga mau sekolah tinggi". Memang para mahasiswa yang asli orang sini, mereka memakai juga beasiswa/studybeurs...tetapi setelah mereka bekerja, mereka harus mengembalikan uang tersebut secara mencicil..nah jadinya mereka malas untuk sekolah tinggi, karena malas bayar utang study.
Lalu suami juga cerita, bahwa malam sebelumnya dia melihat disalah satu stasiun televisi yang membahas mahasiswa-mahasiswa dari China...mereka pinter, mereka jago semua deh. Yang pernah saya dengar juga para mahasiswa asing itu harus tepat waktu menyelesaikan pendidikan mereka disini, kalau tidak tepat waktu mereka harus mengembalikan uang kuliah tersebut..yang jumlahnya ribuan euro. Jadinya para mahasiswa asing belajar lebih giat dari mahasiswa asli Belanda. Mungkin tuh orang takut kali yah kalo suatu hari nanti yang menduduki posisi-posisi penting diperusahaan adalah orang asing. Yah yang pinter emang mereka koq, tentunya perusahaan juga mau dong memperkerjakan karyawan yang pinter yang mendatangkan banyak manfaat buat perusahaan.

Suka banget lihat acaranya smaakpolice..yang ngebahas tuntas restoran dan cafe..juga tentunya asrama mahasiswa..maaf keluar jalur. Tapi dari acara itu saya menyimpulkan kalau mahasiswa Belanda asramanya jorok banget, kulkas isinya bir melulu..mereka lebih suka pesta. Nah loh...saya memang kurang informasi bagaimana sih kehidupan mahasiwa asing disini. Tetapi masih menurut suami, ternyata mahasiswa asing lebih pintar daripada mahasiswa Belanda. Nah loh...gimana dong ???

Ada lagi bacaan yang pernah saya baca, ini menyangkut orang-orang Muslim disini. Ada anggota partai tertentu yang ngga setuju ada orang muslim disini, alasannya cetek bener....jumlah mesjid bertambah dan gereja banyak yang tutup. Yeeey..salah siapa dong, kenapa orang belanda ogah ke gereja ? Gimana gereja mau membayar biaya perawatan gedung gereja kalau tidak punya jemaat ? Koq malah menyalahkan jumlah mesjid dan orang-orang muslim yang notaben adalah pendatang. Bagaimana dong dengan penduduk asli yang tidak mau ke gereja ??? Ayo dong gereja punya program yang menarik banyak orang, yang menarik anak-anak muda datang..bukan hanya mereka lebih suka datang ke cafe kalau weekend. Gereja ngga punya program yang heboh sih. Monoton, sunyi senyap..orang tuh datang ketempat ibadah ingin bersukacita, ingin berbakti kepada TUHAN dengan bebas..nah kalo pulang kerumah malah bikin bete...ngapain juga ketempat ibadah. Toh ibadah bisa dirumah. Tuhan kan ada dimana-mana. Tapi kumpulan orang-orang seiman itu penting, toh tidak setiap orang mengerti isi KITAB SUCI..Jadi memang tempat ibadah itu seperti sebuah sekolah untuk menerangkan apa sih maunya TUHAN buat umatnya yang dijabarin lewat kitab suci. Gitu loh menurut saya.
Jangan selalu menyalahkan pendatang dong...liat kedalam..apa sih yang harus diperbaiki didalam.

Ceritanya sekian dulu yah..mau mandi....TUHAN BERKATI..fijnedag voor iedereen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar