Sabtu, 05 November 2011

KATA AJAIB.

Apa susahnya mengucapkan TERIMAKASIH ? Tidak sulit, tidak pula memerlukan biaya untuk mengatakannya. Tetapi ada beberapa orang yang sepertinya susah sekali untuk mengucapkan kata ajaib tersebut bila menerima pertolongan atau orang lain mengerjakan sesuatu untuk mereka, mungkin orang-orang tersebut berpikir..toh yang dilakukan si A tidak sesuatu yang fantastis, bukan hal yang terlalu penting..

Tetapi percayalah kata ajaib tersebut punya makna yang begitu besar, punya pengaruh yang begitu ajaib pula. Hanya dengan mengucapkan kata tersebut, kita membuat orang lain tersenyum, membuat hati orang lain gembira, membuat orang lain merasa begitu berguna buat sesama, dan banyak lagi. Tetapi dengan tidak mengucapkan kata tersebut untuk hal-hal yang orang lain lakukan buat kita (walau sekecil apapun yang mereka lakukan)..berakibat juga tidak baik untuk kita. Mereka akan memberi cap kepada kita..tidak tau berterimakasih, tidak beretiket, tidak tau sopan santun..dan masih banyak lagi deh.

Sekecil apapun yang dilakukan orang lain untuk menolong kita, sebaiknya tidak lupa kita mengucapkan TERIMAKASIH. Orang yang menolong kita belum tentu berharap kita melakukan hal yang sama untuk mereka bila suatu hari mereka butuh pertolongan, mereka tidak berharap kita bayar pertolongan mereka dengan uang atau bunga..misalnya...Tidak. Mereka iklas menolong kita..tetapi sebagai orang yang tidak hidup dihutan, hidup bertetangga, hidup bersosialisi dengan orang lain...apa salahnya kita menghargai pertolongan mereka. Dengan mengucapkan TERIMAKASIH, itu sudah membuat mereka senang.

Kalau sekali waktu kita menolong orang lain, misalnya seorang teman...lalu teman kita tidak mengucapkan kata ajaib itu..tentu kita akan berpikir hmm "aneh nih orang, sudah ditolong tapi tanpa bla-bla-bla, eh lewat begitu saja". Tentunya kita juga akan berpikir kalau teman kita itu orang yang tidak tau berterimaksih, tidak tau sopan santun...dan lain kali tentunya kita juga tidak mau menolong dia kembali. Apa kita mau seperti itu, apa kita mau jadi berpikir jelek tentang teman kita itu ?
Jika hal itu tidak mau terjadi, mulailah dari diri kita sendiri untuk tidak lupa mengucapkan terimasih buat orang-orang yang menolong kita, sekecil apapun yang mereka lakukan. Kita pernah sekolah bahkan banyak dari kita memiliki pendidikan tinggi, kita belajar sopan santun dari orangtua, juga dari lingkungan. Jangan bertindak seperti orang yang tidak berpendidikan, tidak beretiket...ingatlah...kita tidak tinggal dihutan sunyi sepi sendirian...kita butuh orang lain. Jadi taulah ber-TERIMAKASIH.

2 komentar:

  1. Setuju benar rine, ditempat kerjaku semua orang selalu mengucapkan thankyou atau dankjewel walaupun yg kita lakukan ga begitu berarti sungguh menakjubkan di hati ini mendengarnya.

    BalasHapus
  2. Tp ucapan itu bikin hati kita seneng...makasih dah baca coretan aq yah.

    BalasHapus