Selasa, 15 November 2011

Ngerumpi yuuk...

Tinggal dinegara orang tidak berarti kita tidak mendapat teman yang juga berasal dari Indonesia. Menyenangkan..karena sama-sama bicara dengan bahasa yang sama, tidak harus berbicara bahasa Belanda yang ampun deh ribetnya bikin pusing kepala. Gaya guyon yang hampir sama, beda banget guyon orang Belanda yg menurut saya sih ngga ada lucu-lucunya..hehehe..yah gimana mau lucu, lah ngga ngerti apa diomongin mereka. Juga..nah ini penting banget, selera makanan yang sama..berhubung makanan di Belanda (masih menurut saya loh), ngga ada enak-enaknya..jauh banget deh sama makanan Indonesia yang punya banyak rasa, banyak ragamnya..hmm ngangenin deh.

Walopun beda kota satu sama lain, tetapi untuk acara kumpul-kumpul selalu menyenangkan..ciri khas ngumpul orang Indonesia selalu ada acara makan bersama. Yaah makan nasi dan teman-temannya loh, bukan hanya cengangas-cengenges doang...Pergi dari rumah bawa hasil dapur sendiri, sampai dirumah teman yg dituju teman-teman yang lainpun membawa hasil dapur sendiri..nah kan dikumpul-kumpul jadi banyak tuh. Beda banget ciri khas orang Belanda yang ngumpul...hmmm minum teh/bir dan kue-kue kecil. Pulang kerumah..cari makanan lagi deh..Hehehe.

Ciri khas orang Indonesia yang bikin orang Belanda juga senang...karena orang Indonesia tidak pelit untuk urusan makan bersama :-) Bangga bener deh jadi orang Indonesia, walau disini semua serba mahal (jengkol aja 1 kg=17 euro), tetapi selalu senang untuk kumpul bersama dan makan-makan dong tentunya. Ngobrol ngalor ngidul, cekakak-cekikik, gosip artis..rame deh, tapi ada satu hal yang bikin eneq..bila ditanya : berapa pendapatan suami kamu setiap bulan ?
Duuuh untuk apa juga tau sih, lah disini semua orang sama saja. Kamu punya mobil, yang lain juga punya...kamu bisa beli barang bermerk, yang lain juga bisa, kamu bisa berlibur ke negara tetangga, yang lain juga bisa bahkan keliling dunia. Trus apa hubungannya pendapatan suami saya yang sekian dengan kehidupan orang tersebut ? Lah kalo suami saya dapat uang vakantie, lah suami dia juga dapat koq...Kalau suami saya dapat bonus tahunan, misalnya (ngarep banget..hehehe), lah dia yang bertanya ngga akan dong dapat donatur dari saya..lah saya kan bukan sinterklas.
Teman, orang Belanda yang ngomongnya blak-blakan aja ngga pernah tuh nanya soal gaji suami saya. Buat mereka pertanyaan seperti itu juga bukan pertanyaan yang sopan.

Jujur saja, saya jadi menilai lain untuk orang-orang yang suka pengen tau isi dompet orang lain. Saya jadi berpikir, apa mereka dulu sewaktu masih di Ind hidupnya begitu susah ? Sehingga pada saat dia pindah ke Belanda dengan hidup yang lebih baik secara ekonomi, dia terkaget-kaget ? Ngga tau juga. Semua orang juga ngga mau selamanya hidup susah, tetapi yah sebagai orang timur..ngga sopan banget tanya pendapatan teman sendiri.
Lalu dengan ringannya juga dia bercerita..saya beli meubel baru loh, tapi ngga beli di Ikea..trus apa maksudnya ??? Woooi...di Indonesia ngga ada Ikea, mentang-mentang meubel dirumah saya hampir smua lulusan Ikea, lalu kenapa ? Saya dan suami beli memakai uang sendiri, bukan uang orang itu. Lah tuh orang tau Ikea juga setelah datang kesini koq, sama kayak saya juga. Bercerita juga saya tentang hefing korting..itu tuh uang pajak yang dibayar semua orang, tetapi karena saya tidak bekerja, hanya suami yang bekerja, jadi saya mendapat uang pajak yang suami bayarkan, ngga tau berapa persen dari pendapatan suami. Saya sih senang banget dapat uang itu..lalu teman saya itu berkata..bahwa dia tidak mebutuhkan uang itu, karena pendapatan suami dia diatas rata-rata pendapatan orang..kalau tidak salah 4 ribu euro. Tapi heran banget deh, koq teman saya itu ikut kursus bahasa Belanda yang wajib hukumnya disini (kalo ngga ikut ngga masuk surga !!) dapet gratisan yah, bukannya kalo pendapatan pasangan segede gambreng gitu dia harus bayar kursusnya dari dompet sendiri, ngga dapet gratisan dari gemeente ? Teman, orang-orang yg kerja di gemeente juga bukan orang goblok, lah buat mereka pasangan kita yang berduit mampu doang bayarin istrinya kursus bahasa Belanda yang ngga murah itu..lah koq masih demen yang gratisan ??? Kalo bohong..tengok kiri kanan dong, biar ngga diseruduk truk. Oh saya kira semua suami istri yang pendapatan hanya dari satu dompet dikasih juga uang hefing korting itu, ternyata ngga begitu juga rupanya. Pasangan berpenghasilan besar, walau cuman dari satu dompet, tentunya ngga boleh dong dapet heffing korting. Lah orang kaya disini malah lebih rumit dari orang-orang yang hidupnya biasa-biasa aja, pajak yang mereka bayar untuk negara jelas-jelas gueeedeeee bener....Dan bla bla dia bercerita beli ini itu...duuuh norak bener kesannya. Dulu waktu di Ind ngga punya yah ? Sirik ? Ngga juga..tetapi untuk apa diceritakan, kita semua disini sama koq.

Nah begitulah cerita hari ini, berhubung mau belanja, sudah dulu yah...berteman memang mengasikkan, dan saya tetap bersyukur memikili teman-teman dari berbagai kalangan disini, tetapi sama-sama berasal dari Indonesia.

1 komentar:

  1. Hahahahaha, kok cerita mu mirip sama kisah nya temen akyu ya?? :) jangan2 dia orang yang sama...

    BalasHapus