Jumat, 04 November 2011

Diskriminasi.

Dskriminasi..itu kata yang paling dibenci semua orang. Yah sapa juga yang mau dapat perlakukan di diskriminasi kan ? Ngga ada yang mau, apalagi kalau hal itu menyangkut ras..hadooh bisa perang dunia ke 3 terjadi.

Diskriminasi terjadi dimana-mana. Semua bangsa menganggap bahwa bangsanya yang terbaik, sukunya yang terbaik, agamanya yang terbaik.
Kalau membaca surat kabar kita..duuh serasa diskriminasi hanya dilakukan oleh orang-orang kulit putih. Ngaca dong teman-teman...
Apa di Ind tercinta tidak ada diskriminasi ?? Sama saja. Lebih buruk dari yang orang-orang kulit putih lakukan ? Tidak tau juga..tetapi disriminasi tetaplah diskriminasi.
Coba lihat tarif masuk didaerah-daerah wisata di Ind..untuk orang asing cenderung lebih mahal. Pembuatan dokumen-dokumen penting di Ind..bukan hal rahasia lagi bila orang-orang China membayar lebih mahal dari tarif untuk orang pribumi. Padahal mereka juga warga negara Indonesia, mereka lahir di Indonesia, bahkan kebanyakan dari mereka hanya tau tentang negri China dari televisi, majalah, internet. Ini juga kan diskriminasi.

Bagaimana dengan teman-teman WNI di Belanda, apakah kalian juga pernah mendapat perlakuan tidak adil begitu karena kita sebagai pendatang disini ? Jangan kecewa, jangan marah...karena mungkin saat kita masih di Ind, kita juga pernah mendiskriminasikan orang lain yang tidak sama dengan kita (suku, agama, ras).

Memang tidak enak...memang sakit hati...tetapi bagaimanapun TUHAN yang menciptakan kita ada dipihak kita jika kita tidak melakukan kesalahan.

2 komentar:

  1. Lebih sakit hati lagi kalo ada diskriminasi dalam pertemanan. Bikin grup jalan-jalan cuma untuk kalangan kaya/berduit lah, untuk yang cantik dan seksi lah, wahh nyeri hate pisan. Aku belum pernah ngalamin diskriminasi pertemanan seperti itu ( ketok meja tiga kali ), aku cuma mendengar saja dari teman-temanku yg juga tinggal di belanda.. betapa sedihnya di diskriminasikan oleh sesama WNI di belanda..hiks

    BalasHapus
  2. Wah ternyata ada yg seperti begitu, sampe bikin grup yg hny khusus org kaya, cantik, sexy...apa untungnya yah?? Disini aq ngga bisa ngeliat mana sih org kaya, mana org susah..smua sama. Yg cantik ? belatakan dimana-mana. Mungkin WNI itu dulunya waktu msh di Ind susah bener hidupnya,pas dateng sini berubah bener hidupnya, kaget gitu loh..orang kaya baru. Norak bener.

    BalasHapus