Sabtu, 28 Januari 2012

Honden poep alias be'olnya guguk...

Beberapa hari yang lalu baca berita tentang kotoran binatang piaraan (baca: anjing). Sudah 20 tahun pemerintah Belanda berusaha untuk mengatasi persoalan kotoran anjing ini. Pro dan kontra terjadi...Banyak orang yang tidak memelihara anjing sangat-sangat sebal bila mereka berjalan ditrotoar, ditaman bahkan dipantai menginjak kotoran ini. Huh..memang mengjengkelkan. Ada lingkungan perumahan yang malah sering komplain saat musim panas, karena bau kotoran anjing yang sudah kering ini tercium jelas-jelas sekali. Maunya orang-orang yang tidak memelihara anjing, pemilik anjing harus membersihkan kotoran anjing itu, dengan cara mereka bawa plastik bila mengajak anjing-anjing mereka jalan-jalan untuk buang hajat, sehingga saat anjing-anjing itu buang kotoran, sipemilik bisa langsung membersihkannya. Tetapi yang punya anjing juga tidak kalah sewotnya, mereka mengatakan kalau pajak tahunan buat para pemilik anjing sudah mereka bayar ke gemeente, jadi tugas gemeente-lah yang membersihkan kotoran-kotoran itu.
Begitu cerita...

Rumit juga urusan kotoran anjing itu. Memang sebel banget loh, kalo kita sedang jalan-jalan trus tanpa sengaja menginjak kotoran anjing. Huh..rasanya gimana gitu...Tapi apa mau dikata..semua orang yang tidak memiliki anjing boleh-boleh saja sebal, tetapi pemilik anjing boleh juga dong sebal..lah kesan gw sih, koq pajak itu hanya dikenakan untuk "anjing"sedangkan kucing kenapa ngga harus bayar pajak tahunan, bukannya kucing juga kan buang kotoran juga, gw juga jengkel koq, hampir tiap hari halaman depan rumah gw pasti aja ada kotoran kucing, lah gw ngga piara kucing koq. Gw yakin itu kotoran kucing, karena kalo anjing..ngga mungkin banget, jalan depan rumah gw wajib hukumnya pemilik anjing kalo jalan-jalan bersama anjingnya, tuh anjing harus dirante, ngga dilepas gitu aja. Gw ngga pernah liat ada anjing seenak udelnya aja jalan tanpa dirante, dan kalopun iya, anjing-anjing itu kan ngga mungkin masuk halan rumah orang lain., mereka selalu keluar dengan tuannya. Gw sering mergokin kucing tetangga gw yg jadiin halaman depan rumah gw sebagai "wc". Kalo di Ind udah gw sirem air deh tuh kucing biar ngibrit. Eh koq gw jadi ngomongin kucing yah ?
Balik lagi deh...
Sampe sekarang gw masih ngga tau, kenapa koq hanya anjing yang wajib bayar pajak tahunan itu ? Jelas aja pemilik anjing marah dong, lah mereka bayar setiap tahun tuh pajak yg jumlahnya kalo ngga salah ampir 100€.
Gw ngga mau berpihak pada orang-orang yang ngga punya anjing (seperti gw jg ngga punya tuh) atau sama para pemilik anjing. Buat gw sih smua juga pengen nyaman. Kayaknya cara satu-satunya sih hanya mengubah mentaliteit (cieee bahasanya) para pemilik anjing..walopun mereka akhirnya dibebaskan untuk ngga lagi bayar pajak anjing itu, tapi kalo mereka masih ogah-ogahan bersihin kotoran anjing mereka dijalan kek, ditaman kek, dipantai kek..yah sama aja. Ngalah aja deh para pemilik anjing (juga tetangga gw yg kucingnya "nyetor" dihalaman gw), bersihin deh...toh lebih enak kalo smua bersih.

Saran buat yang mo berlibur ke Belanda:
Kalo jalan-jalan ditaman, dipantai, ditrotoar..apalagi daerah-daerah perumahan, siap pasang mata yah, liat-liat kebawah, jgn hanya kedepan mulu, jgn hanya jeprat jepret camera..."ranjau" mengintai anda dimana-mana loh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar