Minggu, 21 Februari 2010

IRI HATI DAN SOMBONG (AKUR BENER NIH MEREKA)

Banyak orang menyimpan iri hati terhadap tetangga, teman sekerja, atau bahkan saudara kandung sendiri. Orang-orang yang iri hati ini selalu melihat 'keatas', melihat pada keberhasilan orang lain, kekayaan orang lain, bahkan mungkin kebahagiaan orang lain.
Untuk apa iri hati? Toh masing-masing dari kita memiliki kelebihan dan kekurangan, ada banyak hal yang kita peroleh yang juga tidak dimiliki oleh teman sekerja kita, misalnya. Iri hati juga ga akan buat kita jadi termasyur koq...hehehe...
Iri hati pada kekayaan orang lain? Wow...bikin kita panas hati mulu, orang lain beli barang mewah A...besok-besok kita jg beli barang yang sama tp dengan warna yang berbeda. Yah masih untung kalo kita bisa beli, nah kalo keuangan kita ga memungkinkan..hmm yg ada malah sakit kepala deh.
Orang yang iri hati suka mengeluarkan kata-kata yang nyelekit banget..kadang malah merendahkan..wih apa maksudnya yah? Terus..ujung-ujungnya bergosip ria deh.."eh lihat sianu beli mobil baru, hmm pasti duitnya hasil korup yah, eh jangan2 malah dia jadi istri simpanan". Halah..kalo duit sih wajar dong disimpen, tp kalo istri, disimpen dimana jg bakal kecium bau 'wangi'nya. Duuh tuh kata-kata, mbok kalo ga tau, yah ga usah prasangka yang berawal dari sabang ampe merauke deh.
Apalagi kalo iri hatinya sama saudara sekandung. Wah runyam deh urusannya. Saudara seneng dikit, dapet penghasilan gedean dikit, ga suka..saudara dapet proyek lumayan, eh ga suka juga, saudara dapet pasangan hidup yang lumayan berada, masih jg ga suka, saudara mo usaha sendiri (lah wong cari kerja susah, yah ada sedikit uang trus bisa punya usaha, jadi bos untuk diri sendiri, kan malah lebih bagus, belajar mandiri) eh dikatain..ga bakal berhasillah, susahlah zaman sekarang. Kalau saudara susah, makan aja susah, mo bayar sekolah anaknya aja susah, trus minta bantuan...eh malah dimaki2lah, malah bilang..sorry, gi ga ada uang. Lah jadi maunya gimana dong? Serba salah, saudara senang, ga suka. Saudara susah juga ga suka. Bukannya sesama saudara itu kudu (ga kudu sih, tp selayaknya) saling bantu. Sapa sih yang kalo kita susah yang bakal perhatiin kita, kalo bukan kembali lagi ke saudara. Tetangga? Teman kerja? Bahkan sahabat? Hmm, jgn harap deh, mereka juga punya kesusahan sendiri, punya kebutuhan sendiri. Kadang-kadang saat kita senang, baru deh pada dateng, ngaku2 temanlah, berbaik hati dan ramahnya minta ampun. Tapi bagian kita susah, banyak yang kabur tuh ninggalin kita gitu aja dalam keadaan koma (blom titik loh, jadi masih ada harapan dong).
Kemana kita akan berharap bantuan (pertama sama TUHAN dong)? Kita sangat-sangat berharap saudara sekandung yang akan melihat kita, membasuh luka-luka kita (wiih kecelakaan dimana ampe terluka?heheh), menolong kondisi keuangan kita jika memungkikan.
Jadi intinya untuk apa sih IRI HATI? Ga ada untungnya koq iri hati. Bersyukur dengan apa yang kita miliki, masih banyak orang diluar sana yang untuk makan sehari aja mereka harus mengais dari tong sampah. Kalo hari ini berkat kita melimpah...jangan sombong, pamer kekayaan...lah diluar sana yang lebih kaya juga banyak, Donald Trumph, misalnya (apa sih yg ga kebeli sama ini orang? smua kebeli koq), tp apa dia bahagia? Blom tentu.
Ada pepatah yang ngoceh: Hidup itu seperti roda, kadang diatas kadang dibawah.
Jadi saat kita merasa hidup udah diatas angin (kayak gimana sih hidup diatas angin? lah kalo anginnya angin tornado yang ada hancur dong), ga usah sombong deh, lihat saudara2 kita...mungkin kita ga bisa bantu banyak, tp kadang mereka ga butuh bantuan berupa materi koq, mereka mungkin hanya butuh kata-kata semangat dari kita, mungkin malah mereka butuh kita untuk sama2 berdoa dengan mereka.
Nah bagian kita blom bisa beli sesuatu, ato keadaan ekonomi keluarga kita biasa2 aja, yah ga usah iri hati sama orang lain yang kondisi ekonominya melambung jauh terbang tinggi bersama mimpi...Anggun nih? Cape deh hidup dengan iri hati, cape juga hidup dengan pamer kekayaan...diatas langit masih ada langit (lah koq jadi langit sih). Orang yang sombong biasanya awal kejatuhan mereka..siap untuk jatuh? Sakit loh...
Ada satu contoh nyata nih....ada seseorang yang saat itu keadaan ekonominya lagi bagus2nya. Trus dia cerita nih sama temen2nya : "Tetangga gw yang depan rumah gw itu udah lama banget loh ga bisa mudik, udah puluhan tahun tinggal disini tp ga pernah mudik, ga bisa nengokin orangtuanya..kasian yah". Sering banget tuh kalimat muncrat dari mulutnya. Itu kalimat karena kasihan ato menghina? Lah kalo dia merasa kasian krn tetangganya itu yg jelas2 jg teman baiknya, kondisi dia kan lagi banyak uang tuh...yah bantu kek..ga usah nyebar omongan model begitu sampe sampe seluruh kelurahan tau.
Dan sejak beberapa tahun terakhir, keadaannya berubah banget, trus pasangan hidupnya harus berpulang. Diapun mengalami hal yang sama...dia ga bisa mudik, krn keuangan ga memungkinkan. Nah loh...mau kayak begitu?
Nikmati aja hidup kita, kebahagiaan ga bisa dibeli tp kita sendiri yang menciptakan. Sehat setiap hari, bisa pergi kerja, bisa usaha, anak-anak sehat...apalagi sih? Kekayaan juga ga bakal dibawa mati..hari ini beli mobil baru besok muncul lagi mobil terbaru..ga bakal abis deh.
Bersyukur yah buat hal yang paling kecil sekalipun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar